KIH Wacanakan Bentuk AKD DPR Tandingan

KIH Wacanakan Bentuk AKD DPR Tandingan
KIH Wacanakan Bentuk AKD DPR Tandingan

jpnn.com - ‪JAKARTA - Merasa ditinggal Koalisi Merah Putih (KMP) dalam pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR,  yang sebagian sudah terbentuk hari ini, fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berencana membentuk pimpinan AKD tandingan.

Hal ini disampaikan politikus PDIP, Hendrawan Supratikno di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (29/10). Dia menyebut KIH bisa mengadakan pemilihan pimpinan AKD sendiri.

"Sangat mungkin (bentuk AKD tandingan). Politik itu sangat dinamis. Kita akan cari solusi yang cermat dan solutif‬. Ini sedang koordinasi. Nanti pada saatnya, akan disampaikan kepada pers," kata Hendrawan.

Menurut Hendrawan, pemilihan AKD yang saat ini tengah dilakukan Koalisi Merah Putih tidak sah karena hanya diikuti oleh 5 fraksi, yakni Golkar, Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat. Sementara mereka berpendapat kuorum rapat harus dihadiri 6 fraksi.

‪Soal Fraksi PPP yang dijadikan alasan kuorum oleh pimpinan rapat paripurna, disebut Hendrawan juga tak sah. Pertimbangannya, daftar anggota Fraksi PPP yang dipakai KMP adalah dari kubu Ketum Suryadharma Ali. Padahal PPP yang diakui Kemenkum HAM adalah versi Romahurmuziy.

Di DPR, tepatnya di ruang Komisi V memang terlihat sedang dipersiapkan untuk pertemuan fraksi-fraksi KIH. Kemungkinan mereka akan  membahas wacana pemilihan pimpinan AKD tandingan tersebut. (Fat/jpnn)


‪JAKARTA - Merasa ditinggal Koalisi Merah Putih (KMP) dalam pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR,  yang sebagian sudah terbentuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News