Klan Cikeas Tetap Berhak Nyalon Asal Berkualitas

Klan Cikeas Tetap Berhak Nyalon Asal Berkualitas
Klan Cikeas Tetap Berhak Nyalon Asal Berkualitas
JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa dirinya, istri dan anaknya tidak akan mencalonkan diri sebagak calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang masih harus dipertanyakan. Sebab, demokrasi tetap membuka setiap orang untuk mencalonkan ataupun dicalonkan.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens, menyatakan, semua pihak memang semestinya menghormati pernyataan SBY yang tidak akan membangun dinasti politik. Masalahnya, kata Boni, komitmen politik tidak bisa diukur sebatas dengan kata-kata dan pernyataan saja. "Dengan kata lain, haruskah kita percaya pada Presiden hanya karena kata-katanya?" ujar Boni melalui surat elektronik (email) ke JPNN, Minggu (12/6).

Dosen FISIP UI yang tengah menempuh pendidikan doktoral di Berlin, Jerman itu menegaskan, pernyataan SBY itu bukan berarti menutup hak politik keluarga dan kerabatnya. Sebab, setiap tiap orang punya hak yang sama dalam demokrasi.

Persoalannya, kata Boni, demokrasi bekerja dengan standar dan ukuran yang transparan dan dapat diterima umum. "Kualitas dan legitimasi publik adalah ukuran paling mendasar," ucapnya.

JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa dirinya, istri dan anaknya tidak akan mencalonkan diri sebagak calon presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News