Selasa, 19 Februari 2019 – 01:46 WIB

Komunitas LareMasjid, Kumpulan Anak Muda Berhati Mulia

Sabtu, 26 Januari 2019 – 00:14 WIB
Komunitas LareMasjid, Kumpulan Anak Muda Berhati Mulia - JPNN.COM

jpnn.com - Suharyanto warga Selang, Wonosari, Yogyakarta, menggagas berdirinya Komunitas LareMasjid pada 19 September 2017. Dia mengkoordinir remaja untuk turun gunung aktif dalam kegiatan sosial keagamaan, yakni membersihkan lingkungan masjid.

"Komunitas LareMasjid pada awalnya beranggotakan karyawan perusahaan percetakan Kamajaya Kreasindo beralamatkan di jalan Mgr Sugiyo Pranoto nomor 69, Baleharjo, Wonosari," kata Suharyanto kepada Radar Jogja (Jawa Pos Group).

Lalu dalam perkembangannya merekrut anggota dari luar perusahaan. Melalui media sosial pihaknya rajin memposting kegiatan bersih-bersih masjid. Dalam postingannya, memperlihatkan aktivitas anak-anak muda dengan riang gembira membersihkan lingkungan masjid.

"Harapan kami, postingan tersebut memantik warganet untuk bergabung secara langsung dalam kegiatan di lapangan," ujarnya.

Suharyanto sendiri merupakan pembina dalam komunitas tersebut. Tugas dan tanggung jawab yang diemban tidak ringan tentu saja. Dia sadar, niat baik juga ada rintangan sehingga masing-masing anggota juga harus saling menguatkan.

"Kepada anggota, saya selalu ingatkan dengan kata-kata inspiratif yakni, waktu membersihkan masjid anggap saja itu membersihkan dosa para anggota juga,” ujarnya.

Bagaimana awal mula komunitas memulai aktivitas membersihkan rumah ibadah? Kata dia, di 2017 teman-teman merespon iklim positif dunia pariwisata. Kebiasaan wisatawan beribadah di masjid sekaligus istirahat sejenak menjadi target khusua. Waktu itu jumlah anggota dapat dihitung dengan jari.

"Selain tenaga, kami juga siap dengan peralatan. Pengurus masjid terima beres pojoknya," ucapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar