Konfederasi Hanya Upaya Penyelamatan Partai

Konfederasi Hanya Upaya Penyelamatan Partai
Konfederasi Hanya Upaya Penyelamatan Partai
JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Dodi Ambardi menilai, upaya Partai Amanat Nasional (PAN) dan juga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membangun konfederasi partai, hanya sebuah upaya penyelamatan. Pasalnya, jika ketentuan parliamentary threshold (PT) misalnya 5 persen diterapkan, maka nasib partai menengah dan partai gurem bakal terancam.

"Konfederasi itu sebuah metode survival untuk partai. Wacana parliementary threshold lima peren jelas bisa mengancam eksistensi partai menengah, dan tentu saja partai kecil," ujar Dodi Ambardi kepada wartawan, Senin (19/7).

Karenanya, Dodi menilai, langkah untuk membangun konfederasi merupakan cara yang jitu. "Menjadi cocok bagi mereka, karena itu memperbesar peluang mereka untuk survive," ujarnya.

Hanya saja, tidak ada jaminan konfederasi yang digagas para elit akan diikuti massa pendukung masing-masing partai yang tergabung dalam konfederasi itu. Berdasarkan hasil survei, lanjut Dodi, sikap pemilih tidak otomatis mengikuti elitnya.

JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Dodi Ambardi menilai, upaya Partai Amanat Nasional (PAN) dan juga Partai Kebangkitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News