KPAI Sebut Lebaran Sebagai Momentum Ajarkan Berbagai Hal Kepada Anak

KPAI Sebut Lebaran Sebagai Momentum Ajarkan Berbagai Hal Kepada Anak
Ilustrasi

jpnn.com - KETUA - Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau agar para orang tua memanfaatkan momen lebaran untuk mengajarkan beberapa hal kepada anak-anaknya. Salah satunya adalah memberikan pengalaman spiritual kepada anak dengan merekatkan tali silaturahmi dengan handai taulan dan menjelaskan apa itu arti kekerabatan.

"Orang tua perlu mengajarkan anak-anak akan pentingnya merajut persaudaraan, denga etika relasi dengan yang lebih tua. Anak-anak bisa diajarkan menghormati yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda," ujar Asrorun.

Selain itu, momentum lebaran juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan anak berempati dan berbagi kepada sesama. Menurutnya, jika ada uang yang dibagikan kepada orang lain, maka perlu dijelaskan apa manfaat berbagi kepada sesama.

"Hal-hal seperti ini  bisa menjadi jawaban dan solusi atas berbagai permasalahan anak. Seperti kekerasan anak, penelantaran, kenakalan remaja yang seringkali pemicunya adalah tidak hadirnya lembaga keluarga dalam menjamin perlindungan terhadap anak-anaknya," kata Asrorun. 

Dia berpesan agar jangan jadikan rumah tangga yang seharusnya sebagai surga untuk anak menjadi "neraka". "Rumah tangga bisa menjadi neraka jika tidak ada komunikasi yang baik antaranggota keluarga," imbuhnya. (mas/jpnn)

 

 


KETUA - Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mengimbau agar para orang tua memanfaatkan momen lebaran untuk mengajarkan beberapa hal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News