KPK Siap Awasi Proyek Gedung DPR

Makin Transparan, Makin Hemat Uang Negara

KPK Siap Awasi Proyek Gedung DPR
KPK Siap Awasi Proyek Gedung DPR
JAKARTA -- Proyek kontroversi pembangunan gedung baru DPR menjadi perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antikorupsi itu siap memberikan sejumlah masukan agar proyek yang kini ditunda tersebut kelak berlangsung transparan dan efisien.

"Meski pembangunan itu (gedung DPR) katanya masih ditunda dan entah kapan direalisasikan, kami siap memberikan masukan supaya lebih efisien dan efektif," ujar Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan Haryono Umar ketika dihubungi koran ini kemarin (2/10).

Haryono melanjutkan, masukan-masukan tersebut diharapkan bisa mencegah terjadinya penyimpangan dalam tender. Pasalnya, berdasar hasil monitoring KPK terhadap sistem anggaran DPR tahun lalu, ditemukan beberapa butir yang berpotensi korupsi.

Pernyataan Haryono tersebut diamini penasihat KPK Abdullah Hehamahua. Dia menuturkan, selama ini pembahasan anggaran di DPR yang nilainya sangat besar tidak diikuti transparansi dan akuntabilitas. "Karena itu, kami menyarankan pembahasan anggaran yang sangat besar juga diikuti transparansi dan akuntabilitas. Kecuali hal-hal yang bersifat sekuritas," urai Abdullah kemarin.

JAKARTA -- Proyek kontroversi pembangunan gedung baru DPR menjadi perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antikorupsi itu siap memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News