KSAL: Purnabakti Perwira Tinggi TNI AL Bukan Akhir dari Pengabdian

KSAL: Purnabakti Perwira Tinggi TNI AL Bukan Akhir dari Pengabdian
Salah satu dari 53 perwira tinggi TNI AL mengikuti Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) Tahun 2023 di Lapangan Laut Arafuru, Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Surabaya, Selasa (10/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Purnabakti Perwira Tinggi TNI AL bukanlah akhir dari jalan pengabdian, tetapi lebih kepada transisi untuk terus mengabdi dengan cara yang berbeda di tengah-tengah masyarakat.

Hal ini adalah saat di mana pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh selama pengabdian dalam dinas militer dapat digunakan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat secara lebih luas.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin secara langsung Upacara Wisuda Purna Wira (WPW) Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2023 di Lapangan Laut Arafuru, Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Surabaya, Selasa (10/10).

Dia mengatakan suatu kehormatan baginya sebagai generasi penerus untuk dapat meneladani dan mewarisi nilai-nilai luhur yang telah diukir melalui pengabdian terbaik kepada negara tercinta.

“Kami percaya, bahwa para pendahulu akan selalu memberikan dukungan morel berupa sumbangsih pemikiran yang positif demi kemajuan dan kejayaan TNI Angkatan Laut di masa mendatang,” ujar KSAL.

Sebanyak 53 wisudawan Pati TNI AL yang mengikuti acara tradisi ini terdiri dari dua orang Pati bintang tiga berpangkat Laksamana Madya TNI dan Letnan Jenderal TNI Marinir, 17 orang Pati bintang dua berpangkat Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal TNI Marinir, dan tiga puluh empat orang Pati bintang satu berpangkat Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal TNI Marinir.

WPW Pati TNI AL merupakan salah satu tradisi TNI AL yang melambangkan berakhirnya masa pengabdian seorang Pati TNI AL selama dikedinasan mencurahkan pengabdian untuk kepentingan bangsa dan negara.

Upacara WPW Pati TNI AL dilakukan bersama dengan peluncuran perwira remaja (Paja) angkatan ke-68, yang baru saja dilantik dari Lembaga Pendidikan Akademi TNI AL.

Purnabakti bukanlah akhir dari jalan pengabdian, tetapi lebih kepada transisi untuk terus mengabdi dengan cara yang berbeda di tengah-tengah masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News