Kubu Agung Dorong KPU Cueki Rekomendasi Panja Pilkada

Kubu Agung Dorong KPU Cueki Rekomendasi Panja Pilkada
Agun Gunanjar. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - DPP Partai Golkar kubu Agung Laksono tetap mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengabaikan rekomendasi Panja Pilkada Komisi II DPR, yang salah satunya mengatur soal pengurus partai politik bersengketa yang berhak ikut Pilkada.

Ketua DPP Golkar kubu Munas Ancol, Agun Gunanjar menyatakan tidak ada istilah rekomendasi DPR mengikat, seperti yang dirumuskan dalan Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Dikatakan Agun, KPU bisa mengabaikan rekomendasi Panja tersebut dalam menetapkan Peraturan KPU. "Dalam konteks PKPU maka KPU dapat mengabaikannya (rekomendasi itu)," kata Agun di Jakarta, Kamis (30/4).

Sikap KPU mengabaikan rekomendasi Komisi II DPR, menurutnya, sudah pernah terjadi dalam pembahasan PKPU antara KPU dan Komisi II terkait keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan parpol untuk ikut Pileg 2014. Saat itu KPU mengabaikan rekomendasi Komisi II yang menolak tentang aturan itu.

"Tapi kenyataannya KPU tetap bersikukuh menerbitkannya dan faktanya Parpol patuh semuanya. Ini negara hukum, yang semuanya harus tunduk dan patuh pada hukum," tegas mantan Ketua Komisi II DPR ini.(fat/jpnn)


JAKARTA - DPP Partai Golkar kubu Agung Laksono tetap mendorong agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengabaikan rekomendasi Panja Pilkada Komisi II DPR,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News