Kuota PPPK Banyak Kosong, Dirjen GTK Beri Pernyataan Penting

Kuota PPPK Banyak Kosong, Dirjen GTK Beri Pernyataan Penting
Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril bicara soal rekrutmen guru PPPK 2021. Ilustrasi Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kuota satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK ternyata belum terpenuhi hingga awal Maret 2021.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan, usulan kebutuhan formasi yang diajukan Pemda ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) baru 568.238. Artinya masih ada 431.762 formasi yang belum terisi.

Mengenai kuota kosong ini, menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril, tidak akan memengaruhi rekrutmen guru PPPK.

Dia memastikan, rekrutmen guru PPPK akan tetap dilaksanakan tahun ini.

"Rekrutmen PPPK tahun ini tetap ada. Jadwal pastinya masih terus dikoordinasikan dengan Panselnas," kata Dirjen Iwan kepada JPNN.com, Sabtu (6/3).

Untuk pelaksanaan seleksi, lanjutnya, persiapan-persiapan perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya. Apalagi kondisi pandemi masih menjadi tantangan utama.

Sembari menunggu pendaftaran rekrutmen guru PPPK dibuka, lanjut Iwan, Kemendikbud terus menyiapkan para guru honorer agar siap menghadapi tes nanti.

Persiapan itu berupa program guru belajar dan seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK.

Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril memberikan penegasan soal rekrutmen guru PPPK 2021. simak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News