Kwik Kian Gie Jadi Saksi Ahli Kasus Century

Kwik Kian Gie Jadi Saksi Ahli Kasus Century
Ekonom Senior, Kwik Kian Gie saat akan menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat (1/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Kwik Kian Gie diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Kwik menjadi saksi ahli dalam kasus itu.

"(Kwik) saksi ahli kasus Century," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha ketika dikonfirmasi, Jumat (1/11).

Usai menjalani pemeriksaan di KPK, Kwik mengaku tidak ditanya mengenai subtansi kasus Century yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 6,7 triliun. Ia hanya ditanyakan perihal istilah-istilah yang ada di bidang ekonomi.

"Saya cuma ditanya pengertian-pengertian, tafsirnya apa, istilah-istilah di bidang ekonomi, ilmu ekonomi perusahaan. Solvabilitas itu apa, istilah surat berharga itu apa. Tidak ada kasus," kata Kwik.

Seperti diketahui, KPK sudah menetapkan Budi Mulya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemberian FPJP dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Budi Mulya diduga melakukan penyalahgunaan wewenang secara bersama-sama dalam pemberian FPJP kepada Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Perbuatan itu diduga dilakukanya pada saat masih menjadi deputi bidang IV pengelolaan devisa Bank Indonesia. (gil/jpnn)


JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Kwik Kian Gie diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan korupsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News