KY Akui Dipecundangi Yamanie

Minta Presiden Tolak Pengunduran Diri

KY Akui Dipecundangi Yamanie
KY Akui Dipecundangi Yamanie
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) benar-benar tak mau kehilangan buruannya, Hakim Agung Achmad Yamanie. Ketua KY, Eman Suparman, mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Intinya, meminta agar hakim nakal yang nekat mengubah putusan Hanky Gunawan, bandar narkoba asal Surabaya itu tidak diterima pengunduran dirinya.

         

Perihal pengiriman surat itu disampaikan langsung olehnya di Gedung KY, Rabu (21/11). Kepada wartawan, dia mengatakan kalau surat kepada presiden itu penting agar Yamanie bisa disanksi sesuai kesalahannya. "Kalau dikabulkan presiden, dia bukan hakim lagi. KY tak bisa memeriksa," ujarnya.

Jika itu terjadi, Eman sangat menyayangkan. Sebab, pihaknya sudah menerima beberapa aduan tentang perilaku Yamanie. Totalnya ada delapan laporan, dengan rincian tiga aduan tak bisa diteruskan, dan lima sisanya bisa dilakukan penyelidikan. Sebab, lima aduan tersebut memiliki bukti kuat.

         

Seperti diberitakan sebelumnya, MA mengirimkan surat ke presiden untuk memutus nasib Achmad Yamanie dari korps pengadil. Kalau dikabulkan presiden, berarti Yamanie bakal menjadi orang bebas. Pengiriman surat itu dilakukan karena MA tidak memiliki kewenangan untuk mengiyakan atau menolak surat pengunduran diri.

         

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) benar-benar tak mau kehilangan buruannya, Hakim Agung Achmad Yamanie. Ketua KY, Eman Suparman, mengirimkan surat kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News