Ladies, Ini Jenis Olahraga Baru, Cocok untuk Bakar Kalori

Ladies, Ini Jenis Olahraga Baru, Cocok untuk Bakar Kalori
SEHAT: Natashia sedang memperagakan salah satu gaya pada olahraga zenga di Jayanata kemarin. Foto: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Namanya zenga. Jenis olahraga baru ini merupakan kombinasi yoga, pilates, dan gerakan tarian untuk meningkatkan sistem fascia.

Fascia adalah jaringan yang membungkus dan mengikat jaringan lunak. Sang instruktur Natashia Sanny Dermawan menyatakan, zenga bukan olahraga yang berat, tetapi juga tidak ringan. ’’Olahraga ini cocok untuk yang cari keringat,’’ ujar Natashia.

Latihan tersebut dapat dilakukan di Jayanata. Perempuan berambut panjang itu memperlihatkan beberapa contoh gerakan yang dilakukan di atas reformer.

Natashia menuturkan, tidak semua harus dikerjakan di atas alat tersebut. Sebab, pemula disarankan menggunakan matras.

’’Reformer ini punya beban tersendiri. Kalau pakai matras masih kuat, ya bisa dengan reformer,’’ ujar Natashia.

Sekali sesi menghabiskan waktu sejam. Natashia menghitung terdapat 20 gerakan. Salah satunya gerakan tangan ke atas melambai seperti balet, tetapi kakinya sebagai beban. ’’Bila dilakukan secara runut, latihan ini bisa menghilangkan 200 kalori dalam satu sesi,’’ tuturnya.

Natashia menuturkan, beberapa orang yang suka yoga pun kini melirik zenga. Beberapa gerakan juga dilakukan seperti warrior, camel, dan bridge.

’’Di sini adanya gerakan yoga dasar sih. Biasanya untuk yang kepengin challenge lebih jadinya ngelirik zenga. Mereka pengin nyoba reformer,’’ jelasnya.

SURABAYA – Namanya zenga. Jenis olahraga baru ini merupakan kombinasi yoga, pilates, dan gerakan tarian untuk meningkatkan sistem fascia. Fascia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News