Lagi, Bromo Dua Kali Meletus

Semburkan Abu dan Asap Tebal, Warga Diimbau Pakai Masker

Lagi, Bromo Dua Kali Meletus
Lagi, Bromo Dua Kali Meletus
PROBOLINGGO -- Aktivitas vulkanis Gunung Bromo mulai menunjukkan tren meningkat. Setelah pukul 17.22 pada Jumat lalu (26/11) meletus kali pertama sejak berstatus awas, sehari kemarin (27/11) letusan Bromo meningkat. Gunung tersebut meletus dua kali.

Berdasar data yang diperoleh Radar Bromo (Jawa Pos Group), letusan pertama terjadi pukul 05.09, sedangkan letusan kedua berlangsung pukul 10.00. Setelah letusan kedua tersebut, asap tebal berwarna abu-abu kehitaman menyembur dari bibir kawah Bromo dengan ketinggian 500-600 meter. Muntahan asap tebal itu juga mengandung abu dan pasir.

"Material berat seperti pasir dan kerikil halus jatuh di sekitar bibir kawah. Sedangkan material halus seperti debu mengarah ke lereng barat daya dan diperkirakan jatuh di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan," ungkap Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo Gede Suwandika saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Bromo kemarin.

Karena letusan itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar warga di sepanjang daerah yang terkena hujan abu mengenakan masker. Apalagi, bila hujan abu yang dimuntahkan Bromo tersebut mengganggu.

PROBOLINGGO -- Aktivitas vulkanis Gunung Bromo mulai menunjukkan tren meningkat. Setelah pukul 17.22 pada Jumat lalu (26/11) meletus kali pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News