Lagi Dua Tewas, Xinjiang Masih Tegang

Lagi Dua Tewas, Xinjiang Masih Tegang
Lagi Dua Tewas, Xinjiang Masih Tegang
BEIJING - Dua pekan setelah pecah kerusuhan etnis yang merenggut belasan korban jiwa, ketegangan masih menyelimuti Kota Kashgar di Wilayah Otonomi Xinjiang, Tiongkok. Bahkan, Senin malam (1/8) waktu setempat aparat keamanan Tiongkok menembak mati dua pria yang diduga kuat memprovokasi kerusuhan dua pekan lalu.

Genangan darah dan kekacauan masih terlihat jelas di sebuah rumah makan. Di restoran itulah, polisi Tiongkok dan dua pria yang tewas itu sempat terlibat kejar-kejaran. Pengunjung rumah makan yang panik langsung lari dan meninggalkan hidangan di meja mereka. Hingga kemarin (2/8) meja dan kursi di restoran itu masih berantakan.

"Dua pria yang tewas itu merupakan bagian dari etnis minoritas Uighur di barat laut Xinjiang," terang jubir pemerintah setempat. Dengan terbunuhnya dua pria itu, korban tewas kerusuhan di XInjiang menjadi 21 orang. Dalam bentrok yang terjadi pada dua akhir pekan berturut-turut itu, sedikitnya 13 warga sipil tewas.

Selain dua pria tadi, aparat juga berhasil melumpuhkan enam pelaku lain. Polisi Tiongkok yakin, delapan pencetus bentrok yang telah tewas itu adalah bagian dari kelompok teroris. "Beberapa di antaranya pernah menjalani latihan teror di kamp-kamp Pakistan," kata seorang pejabat polisi Tiongkok yang merahasiakan namanya.

BEIJING - Dua pekan setelah pecah kerusuhan etnis yang merenggut belasan korban jiwa, ketegangan masih menyelimuti Kota Kashgar di Wilayah Otonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News