Lampung Bakal Krisis Guru Tahun Ini, BKD Bilang Begini

Lampung Bakal Krisis Guru Tahun Ini, BKD Bilang Begini
Guru mengajar di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung akhirnya angkat bicara terkait krisis guru yang akan melanda daerah tersebut tahun ini.

Pasalnya, akan banyak guru yang memasuki masa pensiun tahun ini. Bahkan, jumlahnya sampai ribuan.

Pihak BKD menyatakan sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kekurangan guru di Lampung.

Namun, persoalan ini seolah minim solusi. Pemprov mengandalkan program Lampung Mengajar. Namun, kelemahan program ini, rekrutmen guru terbatas.

Begitu juga dengan rekrutmen program guru garis depan (GGD) yang juga terbatas. Belum ada pengusulan penambahan guru lewat penerimaan CPNS reguler.

Plt. Kepala BKD Lampung Rusli Syofuan mengatakan, komunikasi dengan pemerintah pusat telah dilakukan sebelum ada pelimpahan kewenangan sektor SMA/SMK negeri ke pemprov.

Dijelaskannya, Lampung bukan satu-satunya provinsi yang mengalami krisis guru. Persoalan ini juga terjadi di sejumlah provinsi lain.

’’Kalau persisnya saya kurang paham. Yang jelas, pusat mengetahui kondisi di daerah. Dan yang terjadi tidak hanya di Lampung," ujarnya kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group), kemarin.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung akhirnya angkat bicara terkait krisis guru yang akan melanda daerah tersebut tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News