Lapangan Kerja di Sydney Didominasi Pekerjaan Paruh Waktu

Lapangan Kerja di Sydney Didominasi Pekerjaan Paruh Waktu
Lapangan Kerja di Sydney Didominasi Pekerjaan Paruh Waktu

Bekerja dapat membantu kita membayar tagihan, membeli makanan, membayar cicilan dan hidup semaksimal mungkin. Namun bagaimana cara kita bekerja ternyata telah berubah signifikan dalam 20 tahun terakhir.

Meskipun lebih banyak pekerjaan yang kini tersedia, untuk pertama kalinya selama beberapa tahun pekerjaan penuh waktu telah menurun sementara pekerjaan paruh waktu atau casual job meningkat.

"Pekerjaan paruh waktu berkembang dan sekarang sekitar dua perlima merupakan pekerjaan paruh-waktu, dan tiga perlimanya pekerjaan penuh waktu," kata Patrick Fensham, perencana pada lembaga SGS Economics and Planning.

"Terjadi pertumbuhan tidak merata dalam pekerjaan penuh-waktu, ada lebih banyak kasualisasi. Orang tidak dapat mengakses kepastian pekerjaan dan pekerjaan penuh yang mereka inginkan. Kita melihat manifestasinya dalam tekanan terkait pendapatan rumahtangga," jelasnya.

Menurut data SGS, ada 2,6 juta pekerjaan di Kota Sydney dan sekitarnya pada 2016. Dari jumlah tersebut 1,9 juta merupakan pekerjaan penuh waktu dan sekitar 750.000 merupakan paruh waktu atau casual.

Dalam 10 tahun terakhir lapangan kerja di Sydney meningkat dengan tersedianya 800.000 lapangan kerja. Sebagian besar pertumbuhan ini terjadi di Sydney Barat.

Industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah layanan profesional, ilmiah dan teknis, disusul perawatan kesehatan dan bantuan sosial.

Lapangan Kerja di Sydney Didominasi Pekerjaan Paruh Waktu
Kita tampaknya cenderung akan berakhir bekerja untuk diri kita sendiri atau sebagai kontraktor, kata Professor Phillip O'Neill.

Supplied: Start Up Stock Photos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News