Minggu, 16 Juni 2019 – 17:37 WIB

Laporan Jimly Tak Ditanggapi Facebook

Kamis, 21 Oktober 2010 – 13:25 WIB
Laporan Jimly Tak Ditanggapi Facebook - JPNN.COM

JAKARTA - Sebelum melapor ke Bareskrim Mabes Polri, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshidiqie, sempat melaporkan pencurian akun Facebook (FB) miliknya ke administrator (admin) jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu. Namun, Jimly mengaku bahwa laporan yang dibuatnya itu tidak ditanggapi.

"Upaya kami untuk melapor melalui administrator FB sudah dilakukan. Tapi ada kesulitan, karena standar dari pelaporan itu tidak termasuk ini. Tidak termasuk pencurian ini," ujar Jimly di Mabes Polri, Kamis (21/10).

Disebutkan Jimly, pihak FB menyebut bahwa pelanggaran ini bukan wewenang administrator FB, karena merupakan pidana pencurian biasa yang merupakan ranah polisi. Karena itulah kata Jimly, ia lantas melaporkan kasus tersebut ke Mabes Polri.

"Ini jadi pelajaran bagi semua. Bahwa yang namanya cyber crime perlu penanganan khusus. Jangan sampai kita menjadi korban. Saya buat laporan resmi. Mudah-mudahan bisa dilacak oleh polisi," tambahnya.

Sebagai gambaran, sejak September lalu, Jimly mengaku akun FB-nya dibajak oleh orang tak dikenal. Akun bernama Jimly Tiga itu dipalsukan password-nya, kemudian digunakan untuk tindak pidana, yakni dengan meminta sumbangan sosial pada sejumlah pihak, hingga tindak transaksi barang selundupan yang mengatasnamakan dirinya.

Saat ini, kasus tersebut ditangani oleh unit Cyber Crime pada Direktorat II Bidang Ekonomi Khusus, Bareskrim Mabes Polri. Polisi sendiri telah menetapkan sejumlah sangkaan, antara lain penipuan pencurian, serta pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE. (zul/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar