Lars Lagerback, Pelatih Spesialis Kualifikasi

Lars Lagerback, Pelatih Spesialis Kualifikasi
Lars Lagerback sudah tampil di turnamen mayor sebanyak 7 kali. FOTO: AFP

jpnn.com - ISLANDIA menorehkan sejarah besar dengan lolos ke putaran final Euro 2016. Untuk pertama kalinya, Islandia mampu menembus putaran final turnamen mayor. 

Sosok yang berperan besar dalam kesuksesan Islandia tersebut adalah Lars Lagerback, pelatih asal Swedia. Tangan dinginnya telah membuat Islandia yang sebelumnya kerap menjadi lumbung gol, kini menjelma sebagai kekuatan baru Eropa. 

Lagerback resmi menjadi pelatih Islandia pada 4 Oktober 2011. Tak butuh waktu lama, Islandia secara mengejutkan mampu lolos ke play-off. Di sini kemampuan Lagerback sebagai peracik strategi ulung terbukti nyata. 

Namun, Islandia gagal lolos ke Piala Dunia 2014 setelah disingkirkan Kroasia di play-off. 

Meski begitu, Asosiasi Sepak Bola Islandia (KSI) tak kecewa. Justru Lagerback diberi perpanjangan kontrak karena dianggap mampu membangkitkan sepak bola Islandia. 

Putusan tersebut terbukti jitu. Lagerback pada akhirnya mampu mengantarkan Islandia lolos ke Euro untuk pertama kali. Hebatnya, Islandia bisa lolos langsung dengan status runner-up Grup A di bawah Rep. Cheska. Hebatnya, mereka mampu mengalahkan tim kuat Belanda, kandang dan tandang. 

Lagerback selama ini dikenal sebagai pelatih spesialis kualifikasi. Maklum saja, dia kerap mengantarkan tim yang dilatihnya lolos ke putaran final turnamen mayor. Tapi, dia belum pernah membawa tim yang diarsitekinya menjadi juara. 

Selama kariernya, Lagerback telah 7 kali meloloskan tim ke turnamen mayor dan itu dilakukan bersama tiga negara yakni Swedia, Nigeria, dan Islandia. 

ISLANDIA menorehkan sejarah besar dengan lolos ke putaran final Euro 2016. Untuk pertama kalinya, Islandia mampu menembus putaran final turnamen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News