Letusan Tengah Malam Lebih Mencekam

Belasan Gunung Berapi Menggeliat

Letusan Tengah Malam Lebih Mencekam
Kepulan material awan panas yang meluncur dari Merapi ke arah sungai Gendol. Merapi 29 Oktober mengalami peningkatan aktivitas luncuran awan panas. Foto: Boy Slamet/Jawa Pos
SOLO - Gunung Merapi kembali mencatat aktivitas ekstrem. Kali ini, awan panas alias wedhus gembel dilaporkan meluncur tujuh kali. Intensitas itu jauh lebih tinggi jika dibanding letusan pertama pada Selasa lalu (26/10). Letusan pada Sabtu (30/10) dinihari tadi dilaporkan lebih dahsyat dan membuat warga sekitar lereng Merapi pontang-panting tengah malam menuju barak-barak pengungsian.

"Sekitar jam dua belasan tadi (malam). Yang ini lebih besar lagi. Tapi mengarah ke barat," ujar Warsito (40), warga Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, kepada JPNN, Sabtu (30/10) pagi. Warsito, yang sudah sejak remaja naik-turun Merapi menjadi guide bagi para pendaki itu, saat ini bersama seluruh warga Selo sudah berada di barak pengungsian di Kantor Kecamatan setempat.

Diceritakan, warga lari tunggang-langgang di tengah malam, menuju barak-barak pengungsian. Para warga Selo, yang relatif lebih aman di banding Sleman dan Magelang, kali ini tidak berani mengambil resiko. Seluruh warga meninggalkan rumah mencari tempat aman di pengungsian.

Staf Khusus Presiden Bidang Penanggulangan Bencana, Andi Arief, juga telah menginformasikan mengenai letusan tengah malam ini, melalui akun di Twitter-nya. “Baru kontak DR Surono (Kepala PVMBG), arah muntahan Merapi ke arah barat (Magelang dan sekitar),” kata Andi Arief, Sabtu (30/10).

SOLO - Gunung Merapi kembali mencatat aktivitas ekstrem. Kali ini, awan panas alias wedhus gembel dilaporkan meluncur tujuh kali. Intensitas itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News