Liburan Natal dan Tahun Baru

Menhub Tegaskan Tak Ada Kenaikan Tarif Angkutan

Liburan Natal dan Tahun Baru
Liburan Natal dan Tahun Baru

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan EE Mangindaan menegaskan bahwa tak ada kenaikan tarif angkutan darat, laut dan udara dalam libur panjang jelang Natal dan Tahun Baru. Karenanya dia meminta agar setiap perusahaan angkutan untuk bersabar.

"Enggak boleh (ada kenaikan tarif-red). Saya tidak kasih naik tarif dulu, meskipun itu sudah memaksa sekali, katanya avtur naik dan lain-lain. Kami minta tolong untuk sabar, karena masyarakat sedang membutuhkan kita, trus kalau kasih harga naik kan enggak bagus," ujar Mangindaan di Gedung Menko, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (18/12).

Lalu kapan kenaikan tarif itu akan diberlakukan? "Itu masih dikaji sama kita, yang jelas untuk libur panjang ini enggak ada kenaikan tarif, karena kan musti ada keputusan menteri naik tarif," jawab dia.

Kalaupun nanti pihaknya sudah menetapkan kenaikan tarif, Mangindaan berjanji akan menindak tegas bagi pemilik angkutan yang seenaknya menaikkan tarif. "Kalaupun naik kan ada batas atas naik, lewat dari itu kena sanksi. Misalnya batas atasnya 1000 perak, enggak boleh lewat dari harga itu. Jadi masing-masing sudah ada batas atasnya," sebutnya.

"Jadi sekali lagi, saya minta sabar jangan naikin dulu tarif karena rakyat mau naik transportasi, kan kasihan kalau tidak terjangkau harganya," imbuh Mangindaan.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar berharap pemerintah segera melakukan penyesuaian tarif tiket pesawat, menyusul melonjaknya harga avtur (bahan bakar pesawat) selama tiga bulan berturut-turut. Serta penguatan dollar AS terhadap rupiah yang menyebabkan tingginya biaya operasional.

Emir mengatakan, penyesuaian tarif ini perlu dilakukan untuk mengimbangi tingginya biaya operasional. Menurutnya, penyesuaian tarif tiket pesawat ini merupakan hal yang wajar untuk dilakukan dan tak perlu dikhawatirkan.

"Jalan tol saja yang dikatakan investasinya sudah lama, itu (tarif) naik kemarin. Masa airlines enggak boleh naik, kasian airlines-nya lah," ujar Emir dalam acara Relaunching Mobile Ticketing Counter Garuda Indonesia di Hard Rock Cafe Pacific Place, Jakarta, Selasa (17/12). (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Perhubungan EE Mangindaan menegaskan bahwa tak ada kenaikan tarif angkutan darat, laut dan udara dalam libur panjang jelang Natal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News