Lima Langkah Pertamina Hadapi Rupiah yang Makin Anjlok

Lima Langkah Pertamina Hadapi Rupiah yang Makin Anjlok
Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Pertamina telah menyiapkan strategi untuk menghadapi nilai tukar rupiah yang semakin merosot serta harga minyak dunia yang masih rendah. Ada beberapa langkah telah disiapkan, apalagi transaksi Pertamina banyak menggunakan dolar AS.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, langkah tersebut diambil untuk meminimalkan dampak eksternal dan menjaga nilai investasi perseroan.

"Pertama, kami tetap akan ekspansi di hulu karena kami ingin pertahankan produksi. Kedua, efisien di level operasional. Lalu efisiensi dari kilang agar harga semakin kompetitif. Keempat kembangkan infrastuktur khususnya di bidang hilir," tutur Wianda  di Jakarta, Jumat (25/9).

Strategi kelima, lanjut Wianda, yakni perbaikan tata kelola keuangan. Selain itu, Pertamina juga melakukan penghematan pengadaan crude dan produk. Dimana, Pertamina selalu mencari harga minyak mentah yang kompetitif.

"Kami juga menekan angka loses. Kami sertakan tim terdiri dari ISC, perkapalan, dan lainnya untuk saksikan proses pembongkaran. Efisiensi ini bisa mencapai USD110 juta," kata mantan presenter berita ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT Pertamina telah menyiapkan strategi untuk menghadapi nilai tukar rupiah yang semakin merosot serta harga minyak dunia yang masih rendah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News