Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Lumpuh 4 Jam

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Lumpuh 4 Jam
Warga dengan peralatan seadanya berusaha menyingkirkan material longsor di Kecamatan Sibolangit yang menghambat lalulintas Medan-Berastagi, Jumat (16/11) sore. Foto: sumutpos.co

jpnn.com, SIBOLANGIT - Bencana tanah longsor kembali menerjang kawasan Sembahe, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (16/11).

Akibatnya, jalan lintas Medan-Berastagi lumpuh sekira 4 jam. Informasi yang berhasil dihimpun, longsor yang menutupi jalan itu terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 36-37 .

Sibolangit tepat di daerah tikungan dekat PDAM Tirtanadi.

Camat Sibolangit Amos Karokaro yang dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. “Betul telah terjadi longsor, sebelum Tirtanadi pas di belakang Cindelaras,” ujar Amos Karokaro.

Dia menjelaskan, pihaknya dibantu TNI/Polri, BPBD Deliserdang langsung melakukan pembersihan material longsor, karena menutupi ruas jalan Medan-Berastagi. Sedangkan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi sejak pukul 13.44 WIB, personel Lantas Polrestabes Medan langsung diturunkan ke lokasi.

“Karena kan memang stagnan. Longsorannya memang tak menutup semua badan jalan, sebagian saja. Tapi ya begitu, sebagian pun tertutup sudah terganggu arus lalulintasnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja yang dikornfirmasi Sumut Pos, Jumat (16/11) malam.

Menurutnya, petugas pun meminta alat berat dari Dinas PU agar diturunkan guna mengangkut material longsoran. “Alat berat sampai sekira pukul 16.00 WIB, mengangkut material longsor berupa pohon pisang dan salak yang ada di tebing di pinggir jalan bersamaan tanah,” ungkapnya.

Menurut Tatan, sekira pukul 18.00 WIB, material longsoran di lokasi sudah berhasil dipindahkan. Namun, masih diperlukan waktu untuk mengurai arus lalulintas dari dua sisi yang menumpuk. “Sampai jam tujuh malam tadi arus lalulintas dari dua jalur baik Medan-Berastagi maupun sebaliknya sudah bisa dilalui,” katanya.

Bencana tanah longsor kembali menerjang kawasan Sembahe, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (16/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News