LPI Tonggak Sejarah Olahraga bagi Pekerja dan Pengusaha

LPI Tonggak Sejarah Olahraga bagi Pekerja dan Pengusaha
Muhaimin Iskandar membuka Liga Pekerja Indoenesia. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Liga Pekerja Indonesia (LPI) secara resmi mulai bergulir. Liga sepakbola yang melibatkan tim sepak bola dari unsur pekerja dan pengusaha ini diikuti 544 tim dari seluruh Indonesia.

Dalam tahap penyisihan, pertandingan akan digelar di 34 provinsi. Final Liga Pekerja akan menjadi salah satu puncak perayaan Hari Buruh (May Day) 2018.

Peresmian bergulirnya LPI ini ditandai kick off bersama oleh mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar sebagai inisiator LPI, Menaker M Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi dan Deputi IV KSP Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Eko Sulistyo di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/12).

Dalam sambutannya mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar berharap Liga Pekerja Indonesia (LPI) dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan dan sportivitas khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepak bola.

"Digelarnya LPI merupakan tonggak sejarah olahraga bagi para pekerja dan pengusaha," kata Muhaimin yang menjadi inisiator penyelenggaraan LPI ini.

Muhaimin meyakini melalui LPI bisa menghidupkan klub-klub sepak bola yang dahulu pernah berjaya di tanah air. Di tahun 1970an, klub-klub dari Galakarya memberikan berkontribusi bagi timnas dengan sumbangsih pemain timnas yang berasal dari perusahaan-perusahaan.

"Kami ingat dari Jawa Timur banyak sekali perusahaan yang melahirkan pemain nasional. Kami harapkan perusahaan melahirka kembali klub-klub yang tangguh berkontribusi memberi SDM bagi timnas," kata Muhaimin.

Melalui LPI juga diharapkan hubungan industrial dibangun tidak melalui melalui gaya induatrial tapi juga bisa dibangun secara sangat efektif melalui olahraga.

LPI ini ditandai kick off bersama oleh mantan Muhaimin Iskandar, Hanif Dhakiri dan Imam Nahrawi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News