ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur

Luar Biasa, Fadli Sumbang Medali Pertama bagi Indonesia

Luar Biasa, Fadli Sumbang Medali Pertama bagi Indonesia
Medali. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Muhammad Fadli mampu menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia.

Mantan pembalap motor dan mererupakan juara Asia mengakui saat berlaga di ajang ASEAN Para Games IX/2017 ada getar lain yang dirasakan pebalap motor yang beralih ke balap sepeda setelah mengalami kecelakaan tragis dua tahun lalu.

"Saat di balap motor saya membela nama tim. Namun kini saya turun membela nama bangsa dan negara. Tentu ada getar lain di sini," ujar Fadli ketika diwawancarai usai  membela Kontingen Merah Putih untuk petama kalinya di ajang pesta olahraga antaratlet disabilitas tingkat Asia Tenggara itu, Minggu (17/9).

Debut Fadli sangat luar biasa. Pria kelahiran Bandung 25 Juli 1984 itu langsung mampu merebut medali perunggu dari nomor sprint 1 km kategori C4 putra. Istimewanya lagi medali yang diraih Fadli di Velodrome Nasional Malaysia, Negeri Sembilan, merupakan medali pertama Kontingen Indonesia.

"Sebenarnya saya tidak memasang target apa-apa karena ini merupakan penampilan pertama dan persiapan untuk track juga baru saya jalani beberapa hari ini. Namun karena ini membela negara saya berusaha berjuang maksimal. Syukur akhirnya bisa meraih perunggu sesuai dengan persiapan yang dilakukan," kata ayah dari satu anak itu.

Sukses meraih perunggu itu membuat Fdli makin termotivasi untuk kembali meraih hasil maksimal di nomor 4.000 m sebelum terjun dalam nomor andalannya road race. Di nomor jalan raya ini Fadli dijagokan untuk bisa merebut emas.

"Untuk rod race saya sudah melakukan persiapan lebih matang karena ketika masih balap di motr saya selalu naik sepeda untuk mempersiapkan fisik. Setiap latihan saya bisa menempuh 100 km. Selain itu di jalan raya banyak tantangannya terutama mengatur daya tahan. Saya sudah biasa melakukan itu," tutur instruktur pembalap Astra Honda Racing Team itu.

Perjalan Fadli menekuni balap sepeda hingga jenjang prestasi melalui jalan berliku bahkan tragis. Walaupun sepeda sudah akrab namun dia baru serius terjun ke balap sepeda setelah mengalami kecelakaan ditabrak dari belakang pebalap Thailand saat merayakan kemenangan merebut juara Asia di Sirkuit Sentul tahun 2015. Akibat kecelakaan itu kaki kiri Fedli harus diamputasi.

Muhammad Fadli mampu menyumbangkan medali pertama bagi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News