Maccaronni Banyak Makan Korban

Maccaronni Banyak Makan Korban
Maccaronni Banyak Makan Korban
JAKARTA -- Maccaronni begitu terkenal gara-gara diiklankan di sebuah website. Di iklan itu, Maccaronni disebutkan sebagai sebuah pulau dari tiga pulau di Kepulauan Mentawai yang akan dijual. Tapi ternyata, Maccaronni bukan sebuah pulau, melainkan hanya sebuah resort. Wajar kiranya bila Direktur Pemberdayaan Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan dan Perikanan, Toni Ruchimat berani mengatakan bahwa tayangan iklan itu mengandung unsur menyesatkan. Katanya, Maccaronni memang hanyalah resort. Iklan itu hanya berupaya menawarkan saham kepemilikan resort itu.

Awalnya orang Mentawai menyebutnya kawasan di sekitar pulau yang ditempati resort itu sebagai 'goibok', lengkungan atau melengkung. Disebut demikian lantaran ombak yang menghempas membentuk melengkung mengelilingi pulau. Pulau itu dikontrak dan dibangun resort oleh orang asing. Si bule yang menyewanya memberi nama Maccaronni.

Nama itu akhirnya mendunia di kalangan peselancar. Karena ombaknya cukup tinggi, sudah banyak peselancar yang tidak profesional tergulung tingginya ombak, terbenam, terjepit atau terbentur karang.

"Ombaknya memang terbesar di dunia. Banyak peselancar yang mati karena dibenamkan ombaknya. Kalau tidak profesional, jangan coba-coba bermain selancar di Maccaronni," ungkap pengamat pariwisata pribumi, Ferdinand Saogo tanpa bermaksud menakut-nakuti para pecinta surfing. Dia mengenal para pengusaha resort yang ada di Kepulauan Mentawai termasuk bisnis pulau yang ada di sana. (padek,sam/JPNN)

JAKARTA -- Maccaronni begitu terkenal gara-gara diiklankan di sebuah website. Di iklan itu, Maccaronni disebutkan sebagai sebuah pulau dari tiga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News