Mahasiswa Sebut Jokowi Haram, Fadli Zon Bilang Begini

Mahasiswa Sebut Jokowi Haram, Fadli Zon Bilang Begini
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam sebuah pertemuan konsultasi pimpinan lembaga tinggi negara pada 2015. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah mahasiswa yang menggelar aksi demonstrasi peringatan 20 tahun reformasi di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (21/5) meneriakkan kalimat Joko Widodo (Jokowi) presiden haram. Menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon, teriakan mahasiswa itu merupakan pendapat masyarakat.

“Itu kan pendapat, ya. Saya melihat sekarang ini kebebasan berpendapat itu mau diberangus,” kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/5).

Wakil ketua umum Partrai Gerindra lantas mencontohkan salah satu kezaliman dalam memberangus kebebasan berpendapat. Yakni ketika seorang dosen Universitas Sumatera Utara (USU) ditangkap setelah menyampaikan pendapatnya.

Bahkan, kata Fadli, dosen itu dipamerkan di depan publik hingga pingsan. “Saya kira ini suatu kezaliman yang dilakukan,” tegasnya.
               
Dia menegaskan, kebebasan berpendapat adalah hal yang wajar dan dijamin konstitusi. Menurut Fadli, salah satu cita-cita reformasi adalah kebebasan berpendapat,  berekspresi, berserikat, mendirikan partai politik dan lain-lain.

Persoalannya, kata dia, saat ini hak kebebasan mau direbut dari warga negara. “Mereka mau menyeragamkan opini untuk kepentingan-kepentingan kekuasaan,” tegasnya.

Jadi, Fadli menegaskan, polisi tak semestinya tidak jadi alat kekuasaan. Polisi  adalah aparatur negara untuk penegakan hukum.

“Tapi terkesan sekarang ini hanya menjdi alat kekuasaan. Ini yang menurut saya membahayakan demokrasi kita,” pungkasnya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua DPR Fadli Zon merespons unjuk rasa mahasiswa di depan Istana Negara, Senin (21/5) yang meneriakkan kalimat Joko Widodo (Jokowi) presiden haram.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News