Mahfud MD Berkunjung ke Padang, Singgung Pemilu yang Bermartabat

Mahfud MD Berkunjung ke Padang, Singgung Pemilu yang Bermartabat
Menko Polhukam Mahfud MD. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, PADANG - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Mahfud MD menilai pentingnya menjalankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang bermartabat kepada mahasiswa Universitas Andalas (Unand), Sumatera Barat.

"Pemilu yang bermartabat adalah pemilu yang harus sesuai dengan nilai-nilai yang kita anut sebagai bangsa Indonesia," kata Mahfud MD di Padang, Kamis (16/11).

Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD seusai memberikan kuliah umum di Universitas Andalas bertemakan "Mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis dan bermartabat".

Dia mengatakan pemilu yang bermartabat juga harus dan wajib dijalankan dengan etika serta aturan hukum yang berlaku.

"Jadi, pemilu yang bermartabat itu ada nilai yang kita anut kemudian ada etika serta norma atau aturan hukum," ucapnya.

Di hadapan civitas academica Unand, eks Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Indonesia tersebut mengatakan setiap individu boleh menyampaikan aspirasi atas dasar ikatan primordial.

"Saudara memilih seseorang atas dasar kesamaan agama itu boleh, karena kesamaan suku itu boleh, atau karena kesamaan profesi itu juga boleh," ujarnya.

Sebab, orang yang memilih pada dasarnya ingin mencari orang juga sepemikiran dengannya untuk memperjuangkan apa yang diinginkan bersama. Namun, yang tidak boleh ialah menggunakan ikatan primordial sebagai politik identitas.

Mahfud MD menyebut pemilu yang bermartabat harus dan wajib dijalankan dengan etika serta aturan hukum yang berlaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News