Mahfud Tegak Lurus dengan Konstitusi, Tak Mungkin Terima Pemakzulan Jokowi

Mahfud Tegak Lurus dengan Konstitusi, Tak Mungkin Terima Pemakzulan Jokowi
Menko Polhukam yang juga Cawapres Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ini muncul narasi bahwa Menkopolhukam Mahfud MD menerima atau mendukung pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal itu buntut dari pertemuan aktivis koalisi masyarakat sipil dengan Mahfud MD. Para aktivis itu menyuarakan soal pemakzulan Presiden Jokowi sebelum Pemilu 2024.

Pengamat politik Adi Prayitno menilai narasi itu muncul sebagai sebuah kampanye hitam yang kemudian digoreng-goreng selama masa kampanye.

Namun, Adi meyakini Mahfud tak akan setuju dengan pemakzulan terhadap Jokowi.

“Goreng-goreng musim politik seperti ini perkara biasa. Mahfud itu menteri Jokowi mana mungkin dan mana bisa menerima pemakzulan presiden,” kata Adi ketika dihubungi wartawan, Kamis (11/1).

Selain itu, dia menyebut Mahfud yang juga cawapres nomor urut tiga pada Pemilu 2024 merupakan aktivis yang prodemokrasi.

“Mahfud dikenal aktivis prodemokrasi yang elegan, lurus dengan konstitusi, meski sikapnya kerap kritik, Mahfud rasa-rasanya tak mungkin menerika pemakzulan,” kata Adi.

Adi yang juga Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu meyakini kampanye hitam itu untuk menyerang Mahfud.

Pengamat politik Adi Prayitno menilai Mahfud MD tak mungkin menerima pemakzulan terhadap Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News