Manfaat Ekstra Vitamin D Diperdebatkan

Manfaat Ekstra Vitamin D Diperdebatkan
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - RASANYA semua sepakat bahwa vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Namun bila beberapa penelitian mengklaim nutrisi ini bisa mencegah kanker, penyakit jantung, stroke dan Alzheimer, maka anda harus berpikir dua kali. Penelitian terabaru membantahnya.

Selama beberapa dekade, para ilmuwan berasumsi bahwa mineral salah satu suplemen paling populer di Inggris dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi review dari 462 studi yang melibatkan lebih dari satu juta orang dewasa telah menyimpulkan bahwa kekurangan vitamin D bukan merupakan pemicu bagi banyak penyakit umum.

Alasan utama para ilmuwan berpikir vitamin D bisa melindungi terhadap penyakit adalah bahwa pasien dengan kanker, jantung atau Alzheimer memiliki tingkat yang sangat rendah gizi.

"Perbedaan ini menunjukkan bahwa penurunan kadar vitamin D adalah penanda memburuknya kesehatan. Penuaan dan proses inflamasi yang terlibat dalam terjadinya penyakit, mengurangi konsentrasi vitamin D, yang akan menjelaskan mengapa kekurangan vitamin D dilaporkan dalam berbagai gangguan," kata peneliti dari International Prevention Research Institute di Lyon, Perancis, Profesor Philippe Autier, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (25/12).

Namun studi itu yang diterbitkan dalam The Lancet tidak meragukan efek suplemen pada tulang. Mineral ini dikenal untuk melindungi penipisan tulang dan rakhitis gangguan tulang.

Belum lama ini kepala medis, Dame Sally Davies, menyerukan vitamin gratis untuk diberikan kepada anak-anak setelah ditemukan bahwa seperempat dari anak-anak kekurangan vitamin D. Selain itu, wanita hamil dan mereka yang menyusui disarankan untuk mengkonsumsi satu tablet vitamin D per hari untuk memastikan tulang bayi mereka sehat. (fny/jpnn)


RASANYA semua sepakat bahwa vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Namun bila beberapa penelitian mengklaim nutrisi ini bisa mencegah kanker,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News