Manfaatkan Kawat Gigi untuk Sembuhkan Skoliosis Tanpa Operasi

Manfaatkan Kawat Gigi untuk Sembuhkan Skoliosis Tanpa Operasi
Manfaatkan Kawat Gigi untuk Sembuhkan Skoliosis Tanpa Operasi

jpnn.com - SELAMA ini pembedahan menjadi cara untuk mengatasi kelainan tulang belakang yang melengkung (skoliosis) di kalangan remaja. Tapi kini, kawat gigi bisa menjadi solusi untuk menyembuhkan skoliosis tanpa operasi.

"Ternyata memang penggunaan kawat gigi relatif bisa menghindarkan penderita skoliosis dari penyembuhan melalui operasi. Kami juga menemukan semakin lama anak menggunakan kawat gigi, semakin besar pula peluangnya untuk sukses sembuh," kata Dr Stuart Weinstein, kepala tim peneliti yang dipublikasikan New England Journal Medicine seperti dilansir laman Yahoo, Kamis (31/10).

Dia mencontohkan, anak yang memasang kawat giginya selama 13 jam sehari memiliki peluang 90-93 persen untuk memperbaiki kelainan tulang belakang tanpa menjalani prosedur operasi. Nah, hal ini menjadi salah satu pembahasan dalam rapat tahunan Scoliosis Research Society di Lyon, Perancis.

Penelitian ini dilakukan terhadap 242 remaja di Amerika Serikat dan Kanada. Sekitar 2-3 persen anak mempunyai bentuk tulang belakang yang tergolong aman, sementara 0,3 persen hingga 0,5 persen lainnya memiliki sudut lengkung tulang punggung yang parah sehingga satu-satunya jalan penyembuhan adalah melalui operasi.

Begitu sudut lengkung tulang belakang mencapai 50 derajat atau lebih, semakin besar risikonya untuk menjadi lebih buruk lagi. Karenanya, penanganan dini sejak kecil atau remaja adalah jalan terbaik dan termurah.

Riset itu juga menemukan hampir separuh dari pasien skoliosis yang menggunakan kawat gigi sebenarnya tidak membutuhkan kawat gigi. Dari separuh yang membutuhkan kawat gigi,  41 persen di antaranya menggunakan kawatnya tidak dalam waktu lama, sehingga tidak banyak berpengaruh terhadap skoliosis yang diidapnya.

"Kita harus mengakui, bahwa kita masih sering salah memberi perawatan terhadap pasien skoliosis. Saya harap tahun depan kami dapat melakukan analisis lebih dalam lagi tentang hal ini, terutama dalam hal kawat gigi," pungkas Weinstein.(fny/jpnn)


SELAMA ini pembedahan menjadi cara untuk mengatasi kelainan tulang belakang yang melengkung (skoliosis) di kalangan remaja. Tapi kini, kawat gigi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News