Marzuki Menguat, Marzuki Dihadang

Marzuki Menguat, Marzuki Dihadang
Marzuki Menguat, Marzuki Dihadang
Nama Marzuki Alie (MA) tiba-tiba berkibar di lantai bursa kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD). Dari beberapa sumber menyebutkan, hingga menjelang digelarnya sidang, kekuatan Marzuki terus bertambah. Saat deklarasi di Gedung Bidakara, Marzuki Alie mengaku sudah mengantongi 307 dukungan dari DPC dan DPD. Dukungan ini dikuatkan dengan kontrak politik yang ditanda-tangani oleh para ketua DPC maupun DPD. Namun, setibanya di Bandung dukungan terhadap Marzuki kemudian bertambah 20 dukungan lagi. Dengan demikian, jika benar dukungan itu mencapai jumlah 327 DPC dan DPD, di atas kertas MA sudah di atas angin.

Artinya, keinginan Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang disampaikan secara tersirat dalam pidato pembukaannya semalam agar dilakukan pemilihan Ketua umum secara aklamasi bisa terpenuhi. Tentu saja, aklamasi untuk MA. Karena, hak suara secara total hanya 526 suara. Sementara, MA sudah mengantongi 327 suara, sudah di atas 60 persen suara.

:TERKAIT Gerilya politik yang dilakukan oleh Ketua DPR RI nampaknya membuahkan hasil. Minimal, berhasil merepotkan dua kandidat sebelumnya yang sudah menguasai panggung bursa kandidat Andi Mallarangeng (AM) dan Anas Urbaningrum (AU). Namun, keberhasilan MA tidak serta merta bisa dinikmati. MA masih harus menghadapi gerilya politik lawan-lawannya di arena sidang tatib.

Kubu MA tentu tidak tinggal diam. Wacana tersebut membuat berang para pendukung MA. Mereka terus melakukan perlawanan, yang berakibat beberapa kali sidang diskors dan bahkan dua kali mengalami deadlock. Kubu MA menilai, wacana melarang Ketua DPR merangkap sebagai Ketum hanya ditujukan kepadanya. "Mereka mau menghadang Ketua DPR mencalonkan diri jadi Ketum," ujarnya MA kepada wartawan. Perdebatan seru di arena sidang membuat sidang gaduh, dan memanas. Akibatnya, Ketua Umum Hadi Utomo terpaksa turun tangan, dan menenangkan massa yang sudah terbakar emosi.

Nama Marzuki Alie (MA) tiba-tiba berkibar di lantai bursa kandidat Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD). Dari beberapa sumber menyebutkan, hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News