Masih Banyak Siswa Belum Pilih Prodi SBMPTN 2019

Masih Banyak Siswa Belum Pilih Prodi SBMPTN 2019
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masih cukup banyak calon pendatar SBMPTN 2019 belum memilih program studi (prodi) mana yang dilamar. Terlihat dari jumlah pelamar yang masih belum signifikan. Kondisi ini dimanfaatkan sejumlah bimbingan belajar (bimbel) untuk memberikan pendampingan dalam menentukan pilihan prodi.

Diantara bimbel yang sudah melakuan bimbingan adalah Bimbingan Tes Alumni (BTA) Group. Bimbel yang berbasis di Jakarta ini sudah mulai melakukan bimbingan kepada para siswanya sejak Senin lalu (10/6).

Koordinator BTA-45 Surkam menuturkan secara keselurhan ada 1.250 siswa di BTA-45 yang bakal mendaftar SBMPTN 2019. ’’BTA-45 mayoritas anak-anak dari Tebet,’’ katanya.

Dia menjelaskan pada hari pertama ada 60 siswa yang memanfaatkan program bimbingan. Kemudian di hari kedua tercatat ada 70 siswa yang mengikuti bimbingan mencari prodi yang potensial untuk dilamar. Para siswa itu ada yang datang sendiri dan didapingi orangtuanya.

BACA JUGA: Hal Penting yang Perlu Diketahui Pendaftar SBMPTN 2019

Surkam mengatakan dalam bimbingan tersebut siswa diajak untuk berdiskusi untuk memilih prodi mana yang bakal dituju. Dalam diskusi tersebut, pilihan prodi tentunya disesuaikan dengan nilai hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) masing-masing.

Dia mengklaim bahwa rata-rata siswa di BTA mendapatkan nilai UTBK kelompok median atau rata-rata hingga ke atas.

Dia menjelaskan BTA memiliki semacam nilai referensi atau acuan. Nilai ini berfungsi untuk menakar seorang siswa berpotensi untuk mendaftar di prodi tertentu. ’’Misalnya untuk mendaftar prodi kedokteran, berapa nilai yang ideal,’’ katanya.

Sebagian calon pendatar SBMPTN 2019 ditengarai masih menimbang-nimbang memilih program studi (prodi) mana yang dilamar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News