Masih Bingung Bikin Proposal Kegiatan? Coba Cara Berikut

Masih Bingung Bikin Proposal Kegiatan? Coba Cara Berikut
Proposal kegiatan acara. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mendengar kata proposal mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Proposal identik dengan permohonan kepada instansi atau lembaga yang berkepentingan.

Disajikan dalam bentuk dokumen resmi yang berisi rancangan kerja yang hendak ditawarkan.

Meski begitu, bukan perkara mudah membuat proposal, jika tidak lengkap, acara yang Anda ajukan bisa-bisa gagal hanya karena proposal yang tidak lengkap atau salah dalam membuatnya.

Berikut contoh proposal kegiatan, seperti dikutip dari laman majalahkartini.co.id.

Apa itu Definisi Proposal?

Proposal berasal dari bahasa Inggris yakni Propose berarti sebuah lamaran, penawaran dan permohonan izin. Dengan demikian proposal merupakan sebuah rancangan kerja sistematis dan detail demi tercapainya persetujuan yang diharapkan.

Tujuan Proposal

Proposal yang diajukan memiliki tujuan untuk menemukan pendukung atau sponsor yang tepat. Baik berupa dana, barang-barang, maupun persetujuan terhadap kegiatan yang hendak dilaksanakan.

Kelancaran acara maupun kegiatan akan semakin meriah dengan beberapa dukungan dari pihak tertentu. Kemudian memiliki sejumlah jaminan perlindungan kegiatan dari otoritas yang ada.

Terdapat beberapa jenis proposal yang sering digunakan, di antaranya:

Bukan perkara mudah membuat proposal, jika tidak lengkap, acara yang Anda ajukan bisa-bisa gagal hanya karena proposal yang tidak lengkap atau salah dalam membuatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News