Maskot Euro Selalu Mencirikan Negara Tuan Rumah

Maskot Euro Selalu Mencirikan Negara Tuan Rumah
Trix & Flix, maskot Euro 2008. FOTO: Uefa.com

GELARAN Euro sudah dimulai sejak 1960. Tapi, maskot baru diperkenalkan pertama kali pada Euro 1980 di Italia. Ini setelah UEFA mengubah format kompetisi Euro dengan menggunakan sistem grup di putaran final dan digelar di satu negara. 

Sebelum Super Victor, telah ada maskot-maskot yang unik dan menarik. Semuanya pasti menggambarkan ciri khas negara tuan rumah penyelenggaraan Euro.

Berikut ini maskot-maskot Euro sejak 1980. (epr/JPNN)

 

Maskot Euro Selalu Mencirikan Negara Tuan Rumah

1980: Pinocchio     
Pinokio merupakan dongeng tentang bocah kayu asal Italia yang dibuat oleh Geppeto. Di Euro 1980, sosok boneka kayu tetap ditonjolkan. Hidung Pinokio yang bisa memanjang dihiasi bendera Italia. Topi putih bertuliskan Europa 80 merujuk pada turnamen yang dilangsungkan. 

 

1984: Peno 
Salah satu julukan timnas Prancis adalah Ayam Jantan. Hal tersebut ditonjolkan dari maskot Euro 1984. Peno memakai kostum timnas Prancis, lengkap dengan sepatu, bola, dan sarung tangan. Peno sendiri diambil dari bahasa gaul Prancis yang berarti penalti. 

GELARAN Euro sudah dimulai sejak 1960. Tapi, maskot baru diperkenalkan pertama kali pada Euro 1980 di Italia. Ini setelah UEFA mengubah format kompetisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News