JPNN.com

Mbak Tutut: Ibu Tien Soeharto Dirikan Yayasan Harapan Kita Bermodal Rp 100 Ribu

Jumat, 23 Agustus 2019 – 20:45 WIB Mbak Tutut: Ibu Tien Soeharto Dirikan Yayasan Harapan Kita Bermodal Rp 100 Ribu - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Siti Hardiyanti Rukmana alias Mbak Tutut menyatakan bahwa seorang ibu rumah tangga pun tetap bisa memberikan bakti bagi negara.

Mbak Tutut cerita, seorang ibu rumah tangga yang menyisihkan Rp 100 ribu dari kas rumah tangga, telah mendirikan yayasan yang mampu mewujudkan semangat tolong-menolong di antara sesama warga negara.

"Ibu rumah tangga itu tak lain adalah ibu saya tercinta. Ibu kita semua, almarhumah Ibu Tien Soeharto," ujar Mbak Tutut di Gedung Granadi, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (23/8).

Dari modal Rp100 ribu itu, Ibu Tien, istri Presiden kedua RI Soeharto mendirikan Yayasan Harapan Kita. Tepat 51 tahun lalu, dari modal Rp100 ribu itu Yayasan Harapan Kita berkembang menjadi jaringan rumah sakit, berbagai sarana pendidikan, dan kebudayaan.
Yayasan Harapan Kita membangun banyak rumah sakit, antara lain Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan Kita, dan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Selain itu, membangun Taman Mini Indonesia Indah, Perpustakaan Nasional, hingga Taman Anggrek Indonesia Permai. Pembangunan ini berhasil mengurangi ketergantungan warga Indonesia akan perawatan terbaik di luar negeri.

"Yayasan Harapan Kita bertekad kuat sebagaimana keinginan Ibu Tien sebagai pendirinya untuk membela kesehatan rakyat. Sejak awal berdiri, Yayasan Harapan Kita menegaskan bahwa bagi yang ekonominya tidak mampu, meskipun mengalami gangguan jantung, tetap harus diselamatkan dengan mekanisme cross subsidi," kata Mbak Tutut.

BACA JUGA: Menurut Amien Rais, Presiden Jokowi seperti Ribut Sendiri

Dikatakan, tanggal 23 Agustus 2019 merupakan momentum yang sangat istimewa bagi Yayasan Harapan Kita (YHK) yang didirikan oleh Raden Ayu Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto. Pada tanggal tersebut, YHK genap berusia setengah abad dan berdedikasi tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Almarhumah Ibu Tien juga menginisiasi Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan Siti Hartinah Soeharto (YDGRK). Sejak berdirinya pada 1986, YDGRK yang didukung oleh Presiden Soeharto selaku pribadi, dikhususkan untuk membantu korban bencana alam yang ada di Tanah Air.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...