Menanamkan Nasionalisme Pengusaha Besar

Menanamkan Nasionalisme Pengusaha Besar
Menanamkan Nasionalisme Pengusaha Besar

jpnn.com - MUSYAWARAH Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) VIII, di Hotel Ritz Charlton, 19-21 Oktober 2015, sukses. Lewat musyawarah mufakat, pengusaha asal Palembang, Sumatera Selatan, Eddy Ganefo terpilih menjadi Ketua Umum Kadin periode 2015-2020.

Eddy bukan sosok baru di dunia entrepreneur. Namanya sempat dibidik untuk mengisi posisi Menteri Perumahan Rakyat di kabinet pemerintahan Jokowi-JK periode 2014-2019. 

Sosok yang pernah berjualan kopi begitu tamat dari SMA tahun 1984, itu kini punya misi untuk membawa Kadin lebih baik ke depan. Berikut petikan wawancara wartawan Pontianak Post (Grup JPNN), M. Kusdharmadi dengan Eddy Ganefo, di Jakarta, Kamis (22/10).
 
Bagaimana jalannya Munas Kadin VIII hingga Anda terpilih?

Dalam Munas Kadin ada tujuh kandidat yang mendaftar ke Ketua Dewan Pertimbangan sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (Kadin). Setelah verifikasi yang lolos persyaratan tinggal empat kandidat. Kemudian pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat oleh pemilik suara baik dari Kadin daerah dan dari asosiasi. Hasil musyawarah mufakat akhirnya secara bulat menunjuk saya sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia. Kadin memilih cara musyawarah mufakat sebagai cerminan dari Pancasila.

Bagaimana tentang susunan kepengurusan Kadin, mulai pusat hingga daerah? 

Susunan pengurus diatur sesuai AD dan ART Kadin.

Ini suatu prestasi besar. Anda memulai karir dari bawah, hingga bisa mendapat kepercayaan di pucuk pimpinan Kadin. Bisa dijelaskan secara singkat perjalanan karir Anda?
 
Setelah lulus kuliah saya bekerja di PT Tambang Batubara Bukit Asam Persero selama lima tahun. Kemudian pindah ke PT Wijaya Karya persero selama lima tahun. 

Selanjutnya saya berkecimpung di kontraktor dan properti. Juga di asosiasi, saya jadi Ketua Umum Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) Sumsel. Kemudian saya juga Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sumsel dan selanjutnya saya terpilih jadi Ketua Umum Apersi. Alhamdulillah,  sekarang terpilih jadi Ketua Umum Kadin Indonesia

MUSYAWARAH Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) VIII, di Hotel Ritz Charlton, 19-21 Oktober 2015, sukses. Lewat musyawarah mufakat, pengusaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News