Mengenal Ciri-ciri Varises dan Intensitasnya, Mulai Nyeri sampai Luka

Mengenal Ciri-ciri Varises dan Intensitasnya, Mulai Nyeri sampai Luka
Mengenal Ciri-ciri Varises dan Intensitasnya, Mulai Nyeri sampai Luka. Ilustrasi Dite Surendra/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Varises sudah sering kita dengar atau alami. Kemunculan varises tentu mengganggu dan membuat keindahan kaki berkurang. Bagaimana proses kemunculan dan penyembuhannya?

Kaki yang mulus adalah dambaan setiap orang, terutama perempuan. Jika sedang menggunakan rok pendek atau hot pants, kaki yang mulus tanpa bekas apa pun akan lebih meningkatkan kepercayaan diri.

Namun, hal itu mustahil jika kaki Anda bervarises. Tonjolan pembuluh vena sangat tidak sedap dipandang dan membuat kaki terasa kaku.

Varises atau pembengkakan pembuluh vena pada kaki sudah tidak asing di telinga kita. Pembengkakan itu akan membuat kaki yang semula mulus menjadi berurat-urat.

Alhasil, banyak orang bervarises yang tidak percaya diri jika harus mengenakan rok atau celana pendek.

Dokter Dhany Prasetyanto SpBTKV menjelaskan proses terjadinya pembengkakan pembuluh vena. Semua bermula ketika kaki berada di posisi statis dalam jangka waktu yang lama.

Peluang timbulnya varises akan semakin besar bila kaki berada di posisi yang salah, misalnya terlalu berjinjit atau terlalu lama berdiri.

Pada pembuluh vena terdapat katup-katup. Katup-katup itu berfungsi mencegah darah mengalir ke bawah. Dengan begitu, darah mengalir ke atas, menuju jantung.

Varises sudah sering kita dengar atau alami. Kemunculan varises tentu mengganggu dan membuat keindahan kaki berkurang. Bagaimana proses kemunculan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News