Menguji Formasi, Atur Strategi, Jaga Kondisi!

Menguji Formasi, Atur Strategi, Jaga Kondisi!
LAGA - Pemain Meksiko Francisco Rodriguez (tengah), coba mentekel penyerang Inggris Wayne Rooney, dalam laga ujicoba di Stadion Wembley, London, kemarin, yang dimenangi Inggris dengan skor 3-1. Foto: Getty Images.
PEKAN ini khususnya, tim-tim kontestan Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel) yang bakal segera menggelar kickoff dalam dua pekan ke depan, tengah sibuk-sibuknya bersiap. Sebagian besar tim bahkan menjalani jadwal pertadingan ujicoba yang cukup padat dalam pekan ini, selain dari agenda latihan bergaya training camp. Tujuannya semua sama: demi menggapai sukses dalam penampilan di Afsel nanti.

Dalam agenda pemusatan latihan maupun ujicoba yang dijalani, hampir bisa dipastikan bahwa salah satu fokus pelatih adalah menemukan formasi terbaik timnya, sekaligus memantapkan strategi permainan - yang biasanya sudah diperkenalkan sejak lama - untuk di Afsel mendatang. Peningkatan kekompakan antar pemain dan pemaksimalan kondisi mental juga menjadi sasaran lainnya. Sebaliknya, para pelatih juga biasanya akan menekankan kepada para pemainnya untuk menjaga kebugaran (fisik) mereka.

Sejauh ini pula, dari beberapa periode latihan maupun ujicoba yang sudah dijalani, beberapa tim agaknya sudah mulai bisa menemukan satu-dua kesimpulan akhir. Namun sebaliknya, ada juga yang masih bingung dan perlu mengejar peningkatan. Ada yang sudah yakin dan positif dengan daftar skuad maupun susunan pemainnya, ada pula yang masih tetap mencari-cari struktur terbaik. Bagaimanapun itu dilakukan, yang jelas paling lambat 1 Juni nanti, daftar maksimal 23 pemain di masing-masing tim sudah harus diterima FIFA.

Inggris adalah salah satu tim yang baru saja menyelesaikan sebuah pertandingan ujicoba pentingnya, yakni kontra Meksiko yang notabene adalah sesama kontestan di PD 2010 ini. Seperti dilaporkan kontributor Jawa Pos Group, Nurani Susilo, dari London, Inggris memang berhasil menaklukkan Meksiko dalam laga ujicoba itu. Namun meski menang, penampilan tim berjuluk Three Lions itu dinilai masih kurang meyakinkan. Kemenangan 3-1 itu, bahkan disebut tak mampu menggugah mood penonton di stadion maupun di rumah, berikut juga media Inggris. Artinya, Three Lions masih jauh dari harapan.

PEKAN ini khususnya, tim-tim kontestan Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel) yang bakal segera menggelar kickoff dalam dua pekan ke depan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News