Menhan Prabowo: Bantuan Ini Memperkuat Pesawat Hercules TNI AU di Turki

Menhan Prabowo: Bantuan Ini Memperkuat Pesawat Hercules TNI AU di Turki
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bersama Menhan Prabowo Subianto saat melepas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Turki dan suriah dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (21/2/2023). Foto: dok. Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyebut keberangkatan empat pesawat dari Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta akan menambah kekuatan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah.

Prabowo ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas keempat pesawat tersebut yang berangkat sebagai kloter ketiga bantuan kemanusiaan Turki-Suriah dan membawa 140 ton bahan makanan dan logistik lainnya.

"Empat pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang sudah berada di sana sejak awal pascagempa," tulis Menhan Prabowo melalui akun @prabowo di Instagram, Selasa (21/2).

Menhan Prabowo sebelumnya sudah memerintahkan pemberangkatan pesawat TNI AU C-130 Hercules A-1326 yang mengangkut kloter pertama bantuan kemanusiaan pada 11 Februari lalu untuk bertahan di Turki guna membantu kebutuhan pesawat angkut distribusi di sana.

Pesawat itu diperbantukan kepada Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) hingga 20 Februari 2023 dan berbasis di Bandara Militer Etimesgut, sekitar 15 kilometer dari Ankara.

Terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan masa tugas pesawat tersebut akan kembali diperpanjang.

Kendati demikian Kadispenau belum bisa mengkonfirmasi sampai kapan perpanjangan masa tugas pesawat tersebut di Turki.

"Rencananya akan diperpanjang, namun kami akan menginformasikan lebih detail terkait perpanjangan tersebut," ujar Indan di bilangan TMII, Jakarta, Senin (20/2).

Menhan Prabowo Subianto menyebut keberangkatan empat pesawat dari Lanud Halim Perdanakusuma memperkuat bantuan kemanusiaan untuk Turki dan Suriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News