Menhub Pastikan Transportasi ke Palu Kembali Normal

Menhub Pastikan Transportasi ke Palu Kembali Normal
Gempa di Sulawesi Tengah menyebabkan kapal naik ke daratan. Foto Puspen Kemendagri

jpnn.com, PALU - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan moda transportasi baik darat maupun laut di Palu, Sulawesi tengah, kembali normal. Bandara maupun pelabuhan dari dan ke Palu pun sudah mulai beroperasi pada Minggu (30/9).

"Saya juga upayakan hari ini kapal feri mulai beroprerasi," kata Menhub Budi Karya di Palu, Minggu (30/9).

Budi Karya mengatakan, moda transportasi kapal feri efektif untuk mengantar bantuan logistik. Sehingga kebutuhan para pengungsi korban gempa dan tsunami bisa tercukupi.

"Kalau dari Balikpapan dengan kapal 7 jam, itu yang paling potensial untuk menempuh ke Palu dan logistik orang-orang lebih gampang mestinya," ujar Budi.

Sebelumnya, sejumlah kapal naik ke darat saat tsunami menerjang Kota Palu pada Jumat (28/9). Kapal-kapal itu tidak mengalami kerusakan sehingga segera dibawa kembali ke laut.

Selain itu, Budi Karya juga memastikan Bandara Mutiara SIS Al Jufri sudah mulai beroperasi. Penerbangan komersil juga sudah dibuka, meski tidak semuanya.

"Dari 40 take off-landing, kami perkirakan bisa 20 take off-landing maksimal-lah karena yang yang 20 take off-landing syarat dengan kualifikasi ATR sama yang 737-500 itu yang dimiliki oleh beberapa penerbangan," ujar Budi. (mg7/jpnn)


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan moda transportasi baik darat maupun laut di Palu, Sulawesi tengah, kembali normal.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News