Menhukham Jamin Hak Pilih Napi

Menhukham Jamin Hak Pilih Napi
Menhukham Jamin Hak Pilih Napi
JAKARTA - Pelaksanaan pemilihan umum legislatif di Lembaga Permasyarakatan (LP) kelas I Cipinang, Kamis (9/4), berlangsung lancar. Menteri Hukum dan HAM Andi Matalatta menegaskan, tidak ada tekanan kepada penghuni lapas untuk memilih parpol tertentu.

“Hingga saat ini semua proses pemungutan suara berjalan dengan lancar dan belum menemukan suatu kendala,” terang Andi Matalatta di sela-sela pelaksanaan pemilu di LP Cipinang.

Menurutnya, semua warga negara tentunya memiliki hak untuk memilih dan dipilih sepanjang haknya tersebut tidak dicabut oleh undang-undang. “LP sebagai institusi yang membina mereka tetap harus memberikan kesempatan untuk melaksanakan salah satu hak asasi ini,” ujar dia.

Dikatakannya, napi penghuni LP Cipinang dibiarkan menggunakan hak pilihnya  sesuai dengan hati nurani. “Mereka memilih sesuai dengan hati nurani, dan tidak ada tekanan dari pihak manapun sehingga mereka dapat bebas memilih sesuai yang mereka kehendaki. Hal ini juga terjadi di daerah lain,” papar Andi.

JAKARTA - Pelaksanaan pemilihan umum legislatif di Lembaga Permasyarakatan (LP) kelas I Cipinang, Kamis (9/4), berlangsung lancar. Menteri Hukum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News