Mensesneg Sebut Lapangan Golf Kemayoran Akan Berganti Taman Kota

Mensesneg Sebut Lapangan Golf Kemayoran Akan Berganti Taman Kota
Mensesneg Pratikno menghadiri acara penanam pohon yang dilakukan PDI Perjuangan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (21/3). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengapresiasi gerakan penghijauan yang dilakukan PDI Perjuangan.

Pratikno mengatakan, gerakan penanam pohon secara massal sejalan dengan rencana pemerintah pusat dalam hal ini Kemensetneg yang ingin menjadikan lahan milik negara untuk ruang terbuka hijau.

Hal itu disampaikan Pratikno usai mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama pengurus PDIP di Hutan Kota, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (21/3).

"Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasinya untuk penanaman pohon ini. Karena ini benar benar sesuai dengan semangat kami di Kementerian Sekretariat Negara yang mengelola dua Badan Layanan Usaha, yaitu GBK dan Kemayoran," kata Pratikno.

Menurut Pratikno, dulu lahan hutan kota GBK berfungsi sebagai lapangan golf dengan luas 4,5 hektare. Dan rencananya, kata dia, pihaknya akan melakukan hal yang sama di kawasan Kemayoran.

"Kemayoran itu ada lapangan golf, seluas 18 hektare. Sekali lagi, tentu saja lapangan golf eksklusif. Tidak bisa masyarakat masuk, 18 hektare, persis di jalan utama itu. Kontraknya habis dan kami putuskan untuk tidak diperpanjang," kata dia.

Pratikno menjelaskan, perubahan fungsi dari lapangan golf di Kemayoran menjadi ruang terbuka ditujukan untuk pusat kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat ibu kota. Selain ruang terbuka hijau, pihaknya juga tengah mendesain jalur sepeda di area Kemayoran.

Selain itu, beberapa lahan juga rencananya akan ditanam pohon mangrove dan penataan kawasan danau di Kemayoran.

Mensesneg Pratikno menyatakan akan mengubah lapangan golf di Kemayoran, Jakarta, menjadi ruang terbuka hijau lengkap dengan danau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News