JPNN.com

Menteri Termuda, Disukai Rakyat, Tewas Ditembak Tentara di Dekat Istana

Jumat, 05 Mei 2017 – 20:40 WIB
Menteri Termuda, Disukai Rakyat, Tewas Ditembak Tentara di Dekat Istana - JPNN.com
Abbas Abdullahi Siraji. Foto: from BBC

jpnn.com, MOGADISHU - Menteri Pekerjaan Umum Somalia, Abbas Abdullahi Siraji tewas diberondong peluru yang keluar dari senjata tentara pemerintah, Rabu (3/5) waktu setempat.

Menteri paling muda di kabinet itu (31 tahun) ditembak tentara pengawal seorang jenderal auditor negara, di dekat istana kepresidenan di Mogadishu.

Dua tentara ditangkap usai kejadian yang menghebohkan seisi negeri itu. Siraji termasuk sosok yang disenangi. Juru bicara pemerintah, Abdirahman Omar Osman bahkan berani mengatakan, Siraji punya masa depan yang menjanjikan di Somalia.

Motif dari penembakan ini masih diselidiki. Namun kabinet Somalia telah memecat jenderal auditor Nor Farah Jimale.

Sejumlah sumber menyebutkan, ada kemungkinan Siraji ditembak karena faktor tidak sengaja. "Para pengawal yang menggunakan truk menembaki mobil menteri Siraji, agaknya ini merupakan kesalahan tetapi investigasi masih berlangsung," kata Ibrahim Mohamed, seorang petugas kepolisian.

Siraji dibesarkan di kamp pengungsian Dadaab, Kenya. Dia adalah satu dari banyak pengungsi Somalia yang kembali ke kampung halamannya. Kecerdasannya menjadi inspirasi masyarakat. Pada 2016, dia diangkat menjadi menteri oleh Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed. (the new york times/afp/adk/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek