Mereka juga Layak Disebut Sebagai Pahlawan Saat Teror Bom Sarinah

Mereka juga Layak Disebut Sebagai Pahlawan Saat Teror Bom Sarinah
Para anggota Brimob yang datang ke lokasi teror bom di kawasan Sarinah. FOTO: ricardo/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Yang juga bisa disebut sebagai unsung heroes alias pahlawan yang luput dari sorotan dalam teror Jakarta itu adalah pasukan Detasemen A Brimob Polda Metro Jaya yang bermarkas di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Begitu mendengar adanya aksi teror dan mendapatkan perintah, mereka langsung tancap gas ke tempat kejadian perkara (TKP).

Lantaran kondisi darurat, pasukan berangkat secepat-cepatnya. Sebagian besar bergerak menggunakan rantis (kendaraan taktis) dan motor trail. Namun, ada juga yang bergerak dengan menggunakan kendaraan pribadi.

"Perintahnya, pokoknya segera ke TKP," ujar seorang personel Brimob yang enggan disebutkan namanya.

Personel detasemen A itu disebut sampai di TKP paling awal selain para personel polsek dan lalu lintas yang memang tak jauh dari Sarinah. 

Setibanya di TKP, para Brimob ini berhasil masuk dan menguasai Skyline Building. 

Setelah pasukan tersebut berhasil menguasai gedung, baru datang bantuan dari Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya yang dipimpin Kombespol Krishna Murti. 

Yang juga terlibat kontak tembak langsung dengan para teroris pada menit-menit awal setelah ledakan di Starbucks dan pos polisi Sarinah adalah Kapolsek Menteng AKBP Dedy Tabrani. Dedy bahkan turut melumpuhkan seorang pelaku. 

Dedy bergerak ke lokasi setelah menerima informasi melalui handy talky. Setelah melapor ke Kapolres Jakarta Pusat Kombespol Hendro Prandowo, dia langsung meluncur bersama empat anggota lainnya dengan menggunakan mobil. "Ketika tiba, ada anggota yang berlindung di balik pohon adu tembak dengan teroris," katanya kemarin. 

JAKARTA - Yang juga bisa disebut sebagai unsung heroes alias pahlawan yang luput dari sorotan dalam teror Jakarta itu adalah pasukan Detasemen A

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News