Penyidik KPK yang Berani Hadapi Fahri Hamzah itu Memang Momok Para Koruptor

Penyidik KPK yang Berani Hadapi Fahri Hamzah itu Memang Momok Para Koruptor
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Nama penyidik KPK H.N. Christian beberapa hari belakangan menjadi buah bibir. Aksinya berani berdebat melawan Fahri Hamzah yang menolak ruangan anggota Fraksi PKS, Yudi Widiana, digeledah menuai banyak pujian. Christian selama ini memang dikenal menjadi momok para koruptor di KPK dengan sikapnya tak kenal kompromi sekaligus bernyali.

Bukan hanya Fahri, pengacara senior O.C. Kaligis bahkan pernah mengadukan Christian ke presiden. Kaligis merasa terteror oleh tindakan penyidik yang dahulu berstatus perwira Polri itu.

"Apa yang saya lakukan itu hanya menjalankan undang-undang," ujar penyidik asal NTT tersebut.

Sumber di internal KPK mengatakan, Christian memang dikenal sebagai penyidik yang berani dan tak mau kom­promi. Dia terlibat dalam penanganan perkara yang berisiko tinggi.

Christian merupakan penyidik senior di KPK. Dia masuk KPK pada era pimpinan KPK jilid I (saat itu dipimpin Taufiequrahman Ruki). 

Saat masuk KPK, Christian berpangkat AKP. Sebelum mengundurkan diri dari Polri, Christian berpangkat komisiaris polisi (kompol). 

Dia pernah menjabat Kasatnarkoba Polres Malang. Karir kepolisian Christian dibangun bukan dari akademi kepolisian. "Dia bukan dari lulusan Akpol, tapi sekolah perwira reguler," ujar sumber tersebut.

Mantan pimpinan KPK sekaligus pakar pidana Indriyanto Seno Adji mengungkapkan, yang dilakukan Christian memang sudah benar. 

JAKARTA - Nama penyidik KPK H.N. Christian beberapa hari belakangan menjadi buah bibir. Aksinya berani berdebat melawan Fahri Hamzah yang menolak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News