Milan Lawan Verona, Efek Instan Seedorf

Milan Lawan Verona, Efek Instan Seedorf
Mario Balotelli. Getty Images

MILAN - Kehadiran Clarence Seedorf untuk pertama kali sejak ditunjuk sebagai pelatih sudah memberikan efek positif bagi AC Milan. Kedatangannya di tribun penonton disambut dengan kemenangan atas Spezia di Coppa Italia, pertengahan pekan lalu. Efek yang sama diharapkan Milan begitu Seedorf benar-benar mendampingi tim di laga Serie A melawan Verona, dinihari nanti WIB.
    
Mauro Tassotti yang memegang jabatan caretaker sebelum Seedorf menangani tim meraih kemenangan 3-1 dari tim Serie B Spezia di hadapan Seedorf. Itu menjadi bekal Milan dan Seedorf di sisa musim sebelum Milan melakukan start yang kencang menghadapi paro kedua musim 2013-2014. Itu setelah hanya menduduki posisi kesebelas di klasemen sementara Serie A.

"Saya akan melakukan segalanya untuk membawa Milan ke puncak dunia. Saya sudah merasa berada di rumah dan berharap memberikan efek dengan antusiasme besar yang saya bawa," tutur Seedorf seperti dikutip Sky Sport Italia.
    
Tugas awal Seedorf tentu mengembalikan sisi mental para pemainnya. Mereka sudah begitu tertekan di akhir kepemimpinan Massimiliano Allegri yang dihujani kritik bertubi-tubi. Seedorf butuh hasil instan untuk mendukung kinerjanya di pekan-pekan berikutnya.
    
"Periode sulit ini memang harus dianalisa. Tapi, di atas semuanya yang paling penting adalah mendapatkan solusi tanpa kehilangan fokus. Hasil yang sudah dicapai tim ini tak mencerminkan potensi sesungguhnya," tegas Seedorf.
    
Secara teknis, Milan menunjukkan perbaikan setelah bursa transfer musim dingin. Lini belakang yang kerap menjadi kambing hitam kegagalan meraih hasil positif mendapatkan suntikan berupa Adil Rami yang direkrut dari Valencia. Selain itu, lini depan mendapatkan kembali Giampaolo Pazzini yang sudah menyumbangkan satu gol saat melawan Spezia.
    
"Semua tahu, posisi kami di klasemen jadi pemandangan buruk. Acuhkan dulu posisi itu. Kami harus mengembalikan spirit tim supaya mereka menikmati lagi permainannya," lanjutnya.
    
Sedikit perubahan juga dibawa Seedorf. Dia memberi sinyal membawa perubahan di pola lini tengah Milan. Berbeda dengan Allegri yang lebih suka memasang formasi 4-3-2-1, Seedorf mengungkapkan lebih menyukai pola 4-2-3-1 demi agresifitas serangan.
    
"Kepercayaan kami kepada dia (Seedorf) datang dengan cepat. Dia puny aide yang jelas dan tegas. Bagi saya, itu mudah diterjemahkan dan segera mendapatkan hasil yang baik," ungkap Mario balotelli, striker Milan.
    
Namun Seedorf dan skuad Milan harus ingat, Verona bukan sekadar tim promosi yang bisa jadi batu lompatan meraih kepercayaan diri. Kenyataannya, posisi Verona jauh lebih baik dari Milan di klasemen sementara. Verona berada di enam besar. Bahkan, di awal musim, Verona memberikan kekalahan perdana bagi Milan. (ady)


MILAN - Kehadiran Clarence Seedorf untuk pertama kali sejak ditunjuk sebagai pelatih sudah memberikan efek positif bagi AC Milan. Kedatangannya di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News