Model Terlalu Belia, Iklan Pakaian Dipersoalkan

Model Terlalu Belia, Iklan Pakaian Dipersoalkan
Foto : REUTERS
LONDON – Lembaga pengawas iklan di Inggris mengkritik keras sebuah iklan perusahaan pakaian yang menggunakan gadis berusia kurang dari 16 tahun dalam pose setengah telanjang. Iklan itu dituding telah menjadikan anak di bawah umur sebagai obyek seksual.

Seperti diberitakan REUTERS, iklan yang mengundang kritik itu dipasang perusahaan perusahaan pakaian American Apparel dan di sampul belakang majalah Vice. Majalah Vice merupakan majalah gratisan yang ditujukan pada pembaca berusia 18 hingga 34 tahun.

Dalam iklan itu terpampang gadis muda di bawah umur dalam serentetan foto hasil jepretan fotografer. Di salah satu foto, model di bawah umur itu nampak mengenakan baju dengan resliting terbuka dan salah satu putingnya terlihat. Salah seorang pembaca mengadukannya ke Advertising Standards Authority (ASA) karena iklan itu sangat menyinggung dan tidak layak. Terlebih lagi modelnya masih terlalu muda dan itu bisa dianggap mengekeploitasi anak-anak secara seksual.

Namun pihak American Apparel mengatakan, sekalipun iklan itu menggambarkan setengah telanjangg, bukan berarti telah terjadi pelanggaran. Sebab, sang model setengah telanjang itu sudah berusia 23 tahun dan tidak terlihat seperti nak-anak serta tidak digambarkan sebagai obyek seksual.

LONDON – Lembaga pengawas iklan di Inggris mengkritik keras sebuah iklan perusahaan pakaian yang menggunakan gadis berusia kurang dari 16 tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News