Diterpa Badai Jimena, Meksiko Waspada

Diterpa Badai Jimena, Meksiko Waspada
BADAI - Suasana badai dengan angin kencang dan gelombang laut tinggi yang menimpa salah satu hotel di Cabo San Lucas, Meksiko, sebagai bagian dari badai Jimena, Selasa (1/9) waktu setempat. Foto: AP Photo/Guillermo Arias.
LOS CABOS - Angin yang kuat, gelombang laut tinggi, serta hujan sangat lebat, Selasa (1/9) tengah malam waktu setempat, menerpa kawasan Los Cabos khususnya, di daerah pesisir selatan Baja California, Meksiko. Terpaan itu merupakan bagian dari badai Jimena, salah satu badai yang disebut-sebut paling kuat tahun ini di kawasan tersebut, sebagaimana diberitakan AP.

Warga maupun turis di lokasi wisata dan tempat peristirahatan itu sempat terancam, hingga pemerintah setempat pun langsung menyiapkan penampungan untuk sekitar 29 ribu orang. Untungnya, badai yang kini bergerak ke arah utara dengan kecepatan angin 115 mph itu sendiri, kemudian sempat melemah ke kategori 3 yang masih tergolong memiliki potensi ancaman.

Los Cabos, kawasan wisata terbesar di Baja California itu, sejauh ini dilaporkan tak menderita kerusakan parah, selain terputusnya listrik dan jalanan yang dipenuhi lumpur akibat banjir sesaat. Salah seorang warga, Ashley Lehgeyt (62), seorang pensiunan dari daerah British Columbia yang tinggal di Cabo San Lucas, menceritakan pengalamannya sempat berada di luar di tengah badai tersebut. "Rasanya seperti diterpa hempasan pasir beserta air. Keras sekali," katanya.

Pemerintah Meksiko sendiri telah mendeklarasikan situasi waspada khususnya di Los Cabos dan ibukota Baja California, La Paz. Sekolah-sekolah ditutup sementara, demikian juga dengan sejumlah pelabuhan dan tempat usaha. Para pekerja penyelamat dari Palang Merah dan ketentaraan Meksiko disiapkan untuk operasi pasca-bencana, sementara dua pesawat militer telah pula mendatangkan persediaan obat-obatan.

LOS CABOS - Angin yang kuat, gelombang laut tinggi, serta hujan sangat lebat, Selasa (1/9) tengah malam waktu setempat, menerpa kawasan Los Cabos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News