JPNN.com

Modus Buka Koperasi, SW Berhasil Tipu Nasabah Rp 2 Miliar

Selasa, 07 Mei 2019 – 22:45 WIB Modus Buka Koperasi, SW Berhasil Tipu Nasabah Rp 2 Miliar - JPNN.com

jpnn.com, PATI - Ketua Koperasi Makarya berinisial SW, 43, harus berurusan dengan hukum. Ia diduga melakukan tindak pidana perbankan dengan total kerugian mencapai Rp 2 miliar dengan korban nasabah hampir 2000 orang.

SW merupakan warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Jakenan, Pati, diduga melakukan tindak pidana perbankan dengan perkara menghimpun dana dari masyarakat tanpa izin dari Bank Indonesia (OJK) dalam bentuk simpanan tabungan dan simpanan berjangka (deposito) dari masyarakat Kayen dan sekitarnya, hingga akhirnya dilaporkan para korbannya.

BACA JUGA: 194 Koperasi Bakal Dibubarkan

Lengkapnya, untuk hasil audit jumlah masyarakat (nasabah) yang telah menyimpankan uang di Kantor Koperasi Makarya selama tahun 2011 sampai tahun 2016 ada sebanyak 1.729 orang. Dengan jumlah uang yang belum bisa diambil secara keseluruhan sebesar Rp 2.075.000.000.

"Proses penanganan kasus ini sudah dalam tahap P21. Tersangka dan barang bukti sudah diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Pati,” terang Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, Selasa (7/5).

BACA JUGA: Waspada, Investasi Bodong Sudah Telan Rp 105,8 Triliun

Modusnya, tersangka SW memberikan perintah kepada karyawan (marketing) untuk mencari masyarakat (nasabah) yang mau menyimpankan uang di koperasi tersebut, dengan janji akan diberikan jasa/bunga 1,5 persen setiap bulannya dan uang dapat diambil sewaktu-waktu.

Namun, uang yang terkumpul tersebut tidak digunakan untuk pengembalian uang para nasabah. "Atas kejadian tersebut para korban mengalami kerugian dan melaporkan ke Polsek Kayen,” paparnya. (rmol/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...