MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan, Indro Gutomo Ingatkan Mahasiswa Efek Negatif Globalisasi

MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan, Indro Gutomo Ingatkan Mahasiswa Efek Negatif Globalisasi
Acara Sarasehan Kehumasan MPR RI Menyapa Sahabat Kebangsaan yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah, Bangka Belitung, Jumat (5/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - Kabag Pemberitaan Setjen MPR Indro Gutomo menyampaikan mahasiswa mempunyai peran sentral dalam sejarah kemerdekaan Indonesia hingga masa reformasi.

"Adik-adik harus paham bahwa dalam sejarah Indonesia, setiap perubahan rezim, aktor utamanya adalah mahasiswa," kata Indro Gutomo saat menjadi narasumber di acara Sarasehan Kehumasan MPR RI, Menyapa Sahabat Kebangsaan', Jumat (5/5)

Indro Gutomo juga mengatakan mahasiswa selalu berhasil sebagai agen perubahan, karena pergerakannya selalu murni belum terpengaruh kepentingan apapun.

"Pergerakan murni tersebut dikarenakan mereka senantiasa bergerak dengan semangat karakter bangsa, antara lain jiwa patriot, semangat persatuan, dan kerja keras pantang menyerah," paparnya di hadapan ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah, Bangka Belitung.

Pada acara yang mengangkat tema 'Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Karakter Bangsa' itu, Indro Gutomo meminta mahasiwa perlu mengantisipasi efek negatif globalisasi, seperti narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dan sikap individualistis.

“Efek negatif ini akan menggerus karakter bangsa," tegasnya.

Untuk menghadapi hal ini, Indro Gutomo mengingatkan mahasiwa terhadap pentingnya tiga kecerdasan, yakni kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional.

Menurutnya, peran konkret mahasiswa dalam pembangunan karakter bangsa ini dapat dilakukan dengan mengombinasikan dan senantiasa mengasah tiga kecerdasan tersebut.

Kabag Pemberitaan Setjen MPR Indro Gutomo ingatkan mahasiswa yang hadir dalam acara Sarasehan MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan tentang efek negatif globalisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News